PENTAS SENI

Pada seni tari akan ada gerakan berirama yang menggunakan unsur utama, yaitu wiraga, wirama, dan wirasa.yang memuat dalam Buku Tema 8 Subtema 2 pada Kelas 3 nih.

Wiraga

Wiraga atau raga merupakan unsur tari yang memperhatikan gerakan-gerakan meloncat, duduk, berdiri, dan lain sebagainya. Unsur gerak menjadi unsur utama karena sebuah tarian akan memiliki gerakan yang penuh makna.Setiap gerakan itu akan dibuat oleh orang yang dikenal dengan nama koreografer.

Wirama

Wirama merupakan irama yang juga menjadi unsur utama dari gerak tari yang biasanya dimainkan oleh pengiring. Dengan adanya unsur ini, penari harus bisa menyatukan gerakan tari dengan irama musik yang dimainkan. Karena itu, penari harus paham dan bisa mengikuti tempo musik yang jadi iringan saat menari.

Wirasa

Wirasa merupakan unsur berupa rasa yang sangat penting dalam sebuah tarian. Tanpa adanya rasa, tarian yang akan ditunjukan menjadi tidak menarik untuk ditonton. materi tentang tari kreasi.Unsur rasa ini bisa ditunjukan dari ekspresi penari pada setiap gerakan. Selain ketiga unsur utama itu, masih ada beberapa unsur pelengkap yang bisa membantu dalam pagelaran tari.

Unsur Pelengkap

1. Iringan

Iringan pada seni tari adalah sebuah musik yang membuat tarian menjadi berirama dan ritmis.Selain dengan musik, iringan bisa dilakukan oleh penari itu sendiri dengan suara-suara seperti hentakan, teriakan, tepukan, dan lain sebagainya