MEMOTONG DAN MENEMPEL

Teknik Memotong dan menempel
Materi   ajar  Kelas   1   Seni   Rupa  yang   akan   dibahas   adalah   terkait  garis   yang membuat bentuk. Dalam bahan ajar ini peserta didik juga dihadapkan pada studi kasus di mana   peserta   didik   harus   memecahkan   dan   membuat   kesimpulan   atas   kasus   tersebut. Dalam bahan ajar ini kami mencoba untuk menuangkan pembelajaran HOTS dan juga pembelajaran Project Based Learning. Dalam penyusunan materi ajar berikut mengambil materi kelas 1 Sekolah Dasar mata pelajaran Seni Rupa.
Peserta   didik   mampu   mengamati,   mengenal,   merekam,   dan   menuangkan pengalamannya   secara   visual   sesuai   tahap   perkembangan   seni   rupa   tahap prabagan   dengan   bentuk-bentuk   dasar   geometris.   Peserta   didik mengeksplorasi alat   dan   bahan   dasar   dalam   berkarya   seperti   kertas,   alat menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat.
Teknik memotong dan menempel juga termasuk kolase yakni salah satu teknik seni dengan menempelkan berbagai macam unsur ke dalam satu frame, sehingga menghasilkan karya seni baru.