IMUNISASI PIN POLIO

Pada tanggal 16 Januari 2023 SDN 2 Kumbangsari melaksanakan imunisasi pin polio kelas 1 dan 2 yang berusia 7-8 tahun dari Puskesmas Jangkar.
Penyakit Polio tidak dapat disembuhkan, namun bukan berarti tidak ada cara untuk mencegahnya. Polio dapat dicegah dengan tindakan imunisasi polio sejak masa usia bayi. Ada dua jenis imunisasi yang digunakan, yakni dalam bentuk tetes (OPV) dan suntik (IPV). Imunisasi polio diberikan kepada anak dengan kriteria berikut ini: Imunisasi polio tetes (OPV) diberikan 4 kali, yaitu pada usia 1, 2, 3, dan 4 bulan. Imunisasi polio suntik (IPV) diberikan 1 kali pada usia 4 bulan.
Jika pada usia tersebut bayi belum mendapatkan imunisasi polio secara lengkap, segera kunjungi Dokter Spesialis Anak untuk mendapatkan imunisasi polio lengkap. Manfaat Imunisasi Polio Pemberian imunisasi polio sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak secara optimal. Imunisasi ini bertujuan untuk menguatkan imunitas anak terhadap virus polio. Vaksin anak dapat menekan risiko tertular virus polio hingga dewasa. Hal tersebut karena imunitasnya sudah terbentuk sejak dini. Selain tumbuh kembang anak bisa lebih sehat, manfaat lainnya yang bisa dirasakan bukan saja oleh anak itu sendiri. Melainkan juga keluarga si anak. Sehingga dengan banyaknya manfaat tersebut, pemerintah melalui Kemenkes menggalakkan program imunisasi anak polio.